Permata Photojournalist Grant 2020

PermataBank berkomitmen menyelenggarakan Permata Photojournalist Grant 2020 di tengah pandemi Covid-19. Kami percaya semangat pewarta foto di Indonesia untuk mengembangkan diri dan kemampuan bertutur secara visual meski di tengah kondisi yang sulit.

Merespons situasi dan kondisi saat ini, Permata Photojournalist Grant (PPG) mengangkat tema “Hope”. Demi kesehatan dan keselamatan bersama, program yang mencapai tahun kesepuluh tahun ini berlangsung secara daring. Kami berharap metode daring dapat mengatasi kendala geografis yang selama ini menjadi kepedulian kami, dan menjangkau lebih banyak pewarta foto dan pewarta foto lepas di berbagai wilayah di Indonesia. Pewarta foto yang bekerja penuh pada suatu media dan pewarta foto lepas terpilih mendapatkan pelatihan (workshop) fotografi dan hibah (grant) untuk menyelesaikan proyek foto bertutur (photo story).

Pelatihan dimulai pada 8 Desember 2020 hingga 5 Februari 2021, dibagi dalam 15 sesi setiap dua kali sepekan. Materi utama dalam bentuk foto bertutur dan penulisan, dipandu oleh oleh mentor-mentor dari PannaFoto Institute (Edy Purnomo, Rosa Panggabean dan Yoppy Pieter), Kroasia (Saša Kralj), Belanda (Jenny Smets) dan praktisi berpengalaman (Budi Setiyono). Hasil lokakarya para peserta selanjutnya dipresentasikan kepada publik melalui pameran foto daring dan penerbitan buku foto bertajuk “Hope”.

Photo Story

Portfolio

Peserta

Mentor

Rosa Panggabean

Penerima Erasmus Huis Fellowship to Amsterdam 2014

Yoppy Pieter

Penerima Erasmus Huis Fellowship to Amsterdam 2015