About

PermataBank percaya bahwa pendidikan adalah salah satu faktor krusial untuk membuat perbedaan dan perubahan yang lebih baik dalam masyarakat.

Program Permata Photojournalist Grant (PPG) diselenggarakan untuk pertama kali pada 2011, menjadi program pertama dari PermataBank yang didedikasikan untuk mengembangkan ilmu dan talenta pewarta foto Indonesia. Program berupa pelatihan fotografi dengan materi utama pembuatan foto bertutur (photo story) dan materi pendukung termasuk penulisan dan riset, dengan mentor-mentor berpengalaman dari PannaFoto Institute dan mentor-mentor tamu, serta grant untuk menyelesaikan proyek photo story. Hingga kini, program PPG telah berlangsung sebanyak 10 kali dan telah melahirkan 96 alumni.

Pada tahun kedua, yakni 2012, PermataBank menjalin kemitraan utama dengan Erasmus Huis dan Kedutaan Besar Kerajaan Belanda di Indonesia. Pada tahun 2013, PermataBank dan Erasmus Huis meluncurkan program fellowship bertajuk Erasmus Huis Fellowship to Amsterdam, yang memberikan kesempatan bagi alumni program PPG untuk mengunjungi Amsterdam, Belanda dan menyelesaikan sebuah proyek photo story dibawah bimbingan dari Kadir van Lohuizen (NOOR Photo Agency). Hingga tahun 2020 terdapat tujuh alumni PPG yang terpilih sebagai penerima Erasmus Huis Fellowship to Amsterdam.

Di tahun yang sama, terinspirasi pengalaman mengikuti Training of Trainers (ToT) yang diselenggarakan World Press Photo tahun 2006, PannaFoto Institute mendesain workshop Training of Trainers bagi mereka yang berkarya dalam pendidikan fotografi di Indonesia sebagai pengajar, dan berniat untuk mengembangkan kemampuan dalam mengajar fotografi. Pelatihan intensif ini memberikan kesempatan kepada sesama pengajar fotografi untuk saling belajar dan bertukar pengalaman praktik-praktik pengajaran fotografi di berbagai wilayah di Indonesia. Sejak 2013-2020 program ToT sudah berlangsung sebanyak 7 kali dan diikuti oleh 70 pengajar, mentor, fotografer, dan alumni PPG.

Salah satu wujud komitmen dalam memajukan dunia pendidikan Tanah Air adalah penyelenggaraan Permata PhotoJournalist Grant (PPG), program pertama PermataBank yang didedikasikan untuk mengembangkan ilmu dan talenta pewarta foto Indonesia. Dalam tugas keseharian, mereka membuat karya visual dan mewartakan kepada publik tentang apa yang sedang terjadi di dunia ini. PPG diharapkan dapat menjadi wadah belajar agar mereka mampu mempersembahkan karya terbaik bagi masyarakat.

Presented by
Partners

Privacy Preference Center