Permata Photojournalist Grant

PermataBank percaya bahwa pendidikan adalah salah satu faktor krusial untuk membuat perbedaan dan perubahan yang lebih baik dalam masyarakat. Salah satu wujud komitmen dalam memajukan dunia pendidikan Tanah Air adalah penyelenggaraan Permata PhotoJournalist Grant (PPG), program pertama PermataBank yang didedikasikan untuk mengembangkan ilmu dan talenta pewarta foto Indonesia.  Dalam tugas keseharian, para pewarta foto ini membuat karya visual dan mewartakan kepada publik tentang apa yang sedang terjadi di dunia ini. PPG diharapkan dapat menjadi wadah belajar agar mereka mampu mempersembahkan karya terbaik bagi masyarakat.

Permata Photojournalist Grant pertama kali diselenggarakan pada 2011 dan mendapat sambutan positif dari media, pewarta foto, dan publik. PermataBank menjalin kemitraan utama dengan Erasmus Huis dan Kedutaan Besar Kerajaan Belanda di Indonesia serta bekerja sama dengan PannaFoto Institute, Leica Store Jakarta, PT Suburmitra Grafistama, PT Surya Palacejaya, mentor, mentor tamu, pimpinan redaksi, dan editor foto dari media-media yang berpartisipasi dalam program ini.

Dukungan juga datang dari insan-insan yang peduli pada perkembangan foto jurnalistik di Indonesia, seperti Sasa Kralj (pewarta foto independen, Kroasia), Kadir van Lohuizen (co-founder NOOR Photo Agency, Belanda) dan Jenny Smets (Kurator Independen dan Editor Foto, Belanda).

Dalam sepuluh tahun pelaksanaannya, PPG telah melahirkan 96 alumni yang bekerja untuk beragam media baik cetak maupun online, serta fotografer & pewarta foto lepas, yang tersebar di berbagi kota di Indonesia mulai dari Jakarta, Bekasi, Tangerang, Bandung, Banyumas, Purwokerto, Solo, Yogyakarta, Malang, Palembang, Kab. Bangka Tengah, Denpasar, Makassar, Padang, Banda Aceh, hingga Timika.


Training of Trainers

Terinspirasi pengalaman mengikuti Training of Trainers (ToT) yang diselenggarakan oleh World Press Photo tahun 2006, PannaFoto Institute mendesain pelatihan intensif mengenai metode pengajaran bagi mereka yang berkarya di ranah pendidikan fotografi di Indonesia.

Sejumlah 70 peserta dari berbagai kota maupun kalangan, baik fotografer, dosen, dan pendidik, telah mengikuti pelatihan ToT yang telah dilaksanakan sejak tahun 2013 – 2020.

Inisiatif ini dapat terlaksana berkat dukungan Erasmus Huis dalam kerangka kerja Permata Photojournalist Grant (PPG), program yang didedikasikan bagi pengembangan ilmu dan talenta pewarta foto muda Indonesia, dipersembahkan oleh PermataBank dan Erasmus Huis, bekerja sama dengan PannaFoto Institute dan Leica Store Jakarta.


Erasmus Huis Fellowship to Amsterdam

Melalui program fellowship, PermataBank dan Erasmus Huis memberikan beasiswa kepada satu alumni program Permata Photojournalist Grant sejak tahun 2014. Program Erasmus Huis Fellowship to Amsterdam ini memberikan kesempatan bagi kandidat terpilih untuk melakukan residensi di Amsterdam, Belanda. Selama satu minggu, penerima program akan mendapatkan bimbingan dari Kadir van Lohuizen (NOOR Photo Agency) untuk menyelesaikan satu proyek fotografi, sekaligus menghadiri ajang bergengsi World Press Photo Award Days.

Hingga kini sudah enam alumni yang berkesempatan mengunjungi Amsterdam dan menyelesaikan karya foto bertutur. Kunjungan penerima Erasmus Huis Fellowship to Amsterdam 2020 ditunda karena pandemi.

Photo Story

Penerima Erasmus Huis Fellowship to Amsterdam

Rosa Panggabean

Penerima Erasmus Huis Fellowship to Amsterdam 2014

Yoppy Pieter

Penerima Erasmus Huis Fellowship to Amsterdam 2015

Dwi Prasetya

Penerima Erasmus Huis Fellowship to Amsterdam 2016

Immanuel Antonius

Penerima Erasmus Huis Fellowship to Amsterdam 2017

Agoes Rudianto

Penerima Erasmus Huis Fellowship to Amsterdam 2018

Rahmad Azhar Hutomo

Penerima Erasmus Huis Fellowship to Amsterdam 2019

Hendra Eka

Penerima Erasmus Huis Fellowship to Amsterdam 2020