Permata Photojournalist Grant 2020

PermataBank berkomitmen menyelenggarakan Permata Photojournalist Grant 2020 di tengah pandemi Covid-19. Kami percaya semangat pewarta foto di Indonesia untuk mengembangkan diri dan kemampuan bertutur secara visual meski di tengah kondisi yang sulit.

Merespons situasi dan kondisi saat ini, Permata Photojournalist Grant (PPG) mengangkat tema “Hope”. Demi kesehatan dan keselamatan bersama, program yang mencapai tahun kesepuluh tahun ini berlangsung secara daring. Kami berharap metode daring dapat mengatasi kendala geografis yang selama ini menjadi kepedulian kami, dan menjangkau lebih banyak pewarta foto dan pewarta foto lepas di berbagai wilayah di Indonesia. Pewarta foto yang bekerja penuh pada suatu media dan pewarta foto lepas terpilih mendapatkan pelatihan (workshop) fotografi dan hibah (grant) untuk menyelesaikan proyek foto bertutur (photo story).

Pelatihan dimulai pada 8 Desember 2020 hingga 5 Februari 2021, dibagi dalam 15 sesi setiap dua kali sepekan. Materi utama dalam bentuk foto bertutur dan penulisan, dipandu oleh oleh mentor-mentor dari PannaFoto Institute (Edy Purnomo, Rosa Panggabean dan Yoppy Pieter), Kroasia (Saša Kralj), Belanda (Jenny Smets) dan praktisi berpengalaman (Budi Setiyono). Hasil lokakarya para peserta selanjutnya dipresentasikan kepada publik melalui pameran foto daring dan penerbitan buku foto bertajuk “Hope”.

Photo Story


Portfolio


Peserta

Mentor

Rosa Panggabean

Penerima Erasmus Huis Fellowship to Amsterdam 2014

Yoppy Pieter

Penerima Erasmus Huis Fellowship to Amsterdam 2015


Training of Trainers 2020

Terinspirasi pengalaman mengikuti Training of Trainers (ToT) yang diselenggarakan World Press Photo tahun 2006, PannaFoto Institute mendesain workshop ToT bagi mereka yang berkarya dalam pendidikan fotografi di Indonesia sebagai pengajar, dan berniat untuk mengembangkan kemampuan dalam mengajar fotografi. Pelatihan intensif ini memberikan kesempatan kepada sesama pengajar fotografi untuk saling belajar dan bertukar pengalaman praktik-praktik pengajaran fotografi di berbagai wilayah di Indonesia.

Penyelenggaraan ToT 2020 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang berlangsung secara tatap muka. Melihat kondisi pandemi COVID-19 dan demi menjaga kesehatan & keselamatan bersama, pelatihan dilakukan secara daring melalui Zoom Meeting. Untuk mencapai proses belajar yang optimal, pelatihan dilaksanakan dalam 5 (lima) hari pertemuan pada tanggal 4, 5, 11, 18, dan 25 November 2020, pukul 10:00-17:00 WIB.

Training of Trainers 2020 merupakan rangkaian program Permata Photojournalist Grant 2019-Erasmus Huis Fellowship to Amsterdam 2020, dipersembahkan oleh PermataBank dan Erasmus Huis, bermitra dengan PannaFoto Institute.

10 (sepuluh) peserta workshop ToT 2020 adalah sebagai berikut:

  • Danysswara – Seniman & Asisten Pengajar, Yogyakarta
  • Dicky P.H. Bisinglasi – Freelance Visual Journalist, Bali
  • Mavira Idealita Ismanto – Dosen Universitas Dinamika, Surabaya
  • Mohammad Solihin – Dosen Universitas Respati, Yogyakarta
  • Muhammad Adimaja – Pewarta Foto LKBN ANTARA, Cibinong
  • Muhammad Hidayat – Editor Foto Media Kanal Inspirasi, Fotografer Freelance, Mentor/Pengajar Fotografi, Banda Aceh
  • Muhammad Ikbal Fanika – Pengajar UIN Ar Raniry, Banda Aceh
  • Muhammad Ikhsan – Freelance Photographer, Bengkulu
  • Ridhwan Ermalamore Siregar – Fotografer, produser video dokumenter, jurnalis lepas, dan pengajar fotografi, Jakarta
  • Ruli Amrullah – Dosen Honorer/Pengajar UIN Raden Fatah, Palembang

Training of Trainers 2020


Erasmus Huis Fellowship to Amsterdam 2020

Program Erasmus Huis Fellowship to Amsterdam menawarkan kesempatan bagi alumni program Permata Photojournalist Grant untuk mengunjungi Belanda selama satu minggu dan mengerjakan satu proyek foto bertutur (photo story) dibawah bimbingan Kadir van Lohuizen (NOOR Photo Agency), serta menghadiri ajang bergengsi World Press Photo Award Days.

Berlangsung sejak 2014, pada tahun ketujuh, Hendra Eka (Jawa Pos & Alumni PPG 2018) terpilih menjadi penerima Erasmus Huis Fellowship to Amsterdam 2020. Kunjungan Hendra yang seharus dijadwalkan terjadi pada April 2020 harus ditunda karena pandemi global COVID-19 dan baru akan dilaksanakan saat keadaan sudah memungkinkan untuk mengunjungi Amsterdam.

Penerima Erasmus Huis Fellowship to Amsterdam

Hendra Eka

Penerima Erasmus Huis Fellowship to Amsterdam 2020