PPG 2014

PermataBank percaya bahwa pendidikan adalah salah satu faktor krusial untuk membuat perbedaan dan perubahan yang lebih baik dalam masyarakat.

Salah satu wujud komitmen dalam memajukan dunia pendidikan Tanah Air adalah penyelenggaraan Permata PhotoJournalist Grant (PPG), program pertama PermataBank yang didedikasikan untuk mengembangkan ilmu dan talenta pewarta foto Indonesia. Dalam tugas keseharian, mereka membuat karya visual dan mewartakan kepada publik apa yang sedang terjadi di dunia ini. PPG diharapkan dapat menjadi wadah belajar agar mereka mampu mempersembahkan karya terbaik bagi masyarakat.

PPG I yang diselenggarakan pada 2011 mendapat sambutan positif dari media, pewarta foto, dan publik. Selanjutnya, PermataBank menjalin kemitraan utama dengan Erasmus Huis dan Kedutaan Besar Kerajaan Belanda di Indonesia; bekerja sama dengan PannaFoto Institute, Leica Store Indonesia, PT. Suburmitra Grafistama, PT. Surya Palacejaya, Bintaro Jaya Xchange Mall, mentor, mentor tamu, pimpinan redaksi, dan editor foto dari media-media yang berpartisipasi dalam program ini.

Dukungan juga datang dari insan-insan yang peduli pada perkembangan foto jurnalistik di Indonesia, seperti Sasa Kralj (pewarta foto independen, Kroasia) dan Kadir van Lohuizen (co-founder NOOR photo agency dan Supervisory Board di World Press Photo Foundation, Belanda).

Program berupa pelatihan (workshop) fotografi yang diikuti oleh 10 pewarta foto terpilih, dan grant untuk menyelesaikan proyek foto bertutur (photo story). Pelatihan dimulai tanggal 25 November 2014, dibagi ke dalam 16 sesi kelas yang berdurasi dua kali seminggu, dengan materi utama adalah foto bertutur. Materi pendukung yang juga diajarkan seperti pendalaman proposal cerita, riset, dan multimedia, dipandu oleh praktisi-praktisi berpengalaman.

Kelas PPG IV ditutup dengan dua hari kelas intensif bersama pewarta foto Belanda, Kadir van Lohuizen, tanggal 12-13 Februari 2015. Hasil workshop para peserta selanjutnya dipresentasikan kepada publik melalui pameran foto dan presentasi multimedia yang diselenggarakan pada 27 Maret-24 April 2015, dan penerbitan buku foto bertajuk Indonesian Heritage.

Photo Story

Peserta

Mentor