Permata Photojournalist Grant

PermataBank percaya bahwa pendidikan adalah salah satu faktor krusial untuk membuat perbedaan dan perubahan yang lebih baik dalam masyarakat. Salah satu wujud komitmen dalam memajukan dunia pendidikan Tanah Air adalah penyelenggaraan Permata PhotoJournalist Grant (PPG), program pertama PermataBank yang didedikasikan untuk mengembangkan ilmu dan talenta pewarta foto Indonesia.  Dalam tugas keseharian, para pewarta foto ini membuat karya visual dan mewartakan kepada publik tentang apa yang sedang terjadi di dunia ini. PPG diharapkan dapat menjadi wadah belajar agar mereka mampu mempersembahkan karya terbaik bagi masyarakat.

Permata Photojournalist Grant pertama kali diselenggarakan pada 2011 dan mendapat sambutan positif dari media, pewarta foto, dan publik. PermataBank menjalin kemitraan utama dengan Erasmus Huis dan Kedutaan Besar Kerajaan Belanda di Indonesia serta bekerja sama dengan PannaFoto Institute, Leica Store Jakarta, PT Suburmitra Grafistama, PT Surya Palacejaya, mentor, mentor tamu, pimpinan redaksi, dan editor foto dari media-media yang berpartisipasi dalam program ini.

Dukungan juga datang dari insan-insan yang peduli pada perkembangan foto jurnalistik di Indonesia, seperti Sasa Kralj (pewarta foto independen, Kroasia), Kadir van Lohuizen (co-founder NOOR Photo Agency, Belanda) dan Jenny Smets (Kurator Independen dan Editor Foto, Belanda).

Dalam sepuluh tahun pelaksanaannya, PPG telah melahirkan 96 alumni yang bekerja untuk beragam media baik cetak maupun online, serta fotografer & pewarta foto lepas, yang tersebar di berbagi kota di Indonesia mulai dari Jakarta, Bekasi, Tangerang, Bandung, Banyumas, Purwokerto, Solo, Yogyakarta, Malang, Palembang, Kab. Bangka Tengah, Denpasar, Makassar, Padang, Banda Aceh, hingga Timika.