PPG 2015

PermataBank percaya bahwa pendidikan merupakan salah satu faktor krusial untuk membuat perbedaan dan perubahan yang lebih baik dalam masyarakat.

Salah satu wujud komitmen dalam memajukan dunia pendidikan Tanah Air adalah penyelenggaraan Permata PhotoJournalist Grant (PPG), program pertama PermataBank yang didedikasikan untuk mengembangkan ilmu dan talenta pewarta foto Indonesia. Dalam tugas kesehariannya, mereka membuat karya visual dan mewartakan kepada publik apa yang sedang terjadi di dunia ini. PPG diharapkan dapat menjadi wadah belajar agar mereka mampu mempersembahkan karya terbaik bagi masyarakat.

Program berupa pelatihan (workshop) fotografi yang diikuti oleh 10 pewarta foto terpilih, dan grant untuk menyelesaikan proyek foto bertutur (photo story). Pelatihan dimulai tanggal 24 November 2015, dibagi ke dalam 16 sesi kelas yang berdurasi dua kali seminggu, dengan materi utama adalah foto bertutur. Materi pendukung yang juga diajarkan seperti pendalaman proposal cerita, riset, dan multimedia, dipandu oleh praktisi-praktisi berpengalaman. Kelas PPG V ditutup dengan 2 hari kelas intensif bersama pewarta foto Belanda, Kadir van Lohuizen, tanggal 17-18 Februari 2016. Hasil workshop para peserta selanjutnya dipresentasikan kepada publik melalui pameran foto dan penerbitan buku foto bertajuk Indonesian Intangible Heritage.

Dalam PPG V, program “Erasmus Huis Fellowship to Amsterdam” diluncurkan untuk ketiga kalinya, berupa beasiswa bagi satu alumnus PPG dari semua Angkatan untuk berkunjung ke Amsterdam dan mengerjakan satu photo story di bawah bimbingan Kadir van Lohuizen dari agensi foto ternama, NOOR, pada April 2016.

 

Photo Story

Peserta

Mentor

Poster Promo PPG 2014_v3