SEMANGAT DI ANTARA KELEMAHAN
Jefri Tarigan, Pewarta Foto Independen

Tidak tampak kegetiran di mata Tomi Saputra menyaksikan teman-teman sebayanya
bermain dengan tubuh mereka yang sempurna. Bocah berusia tujuh tahun dari Kebon Pedes, Bogor, ini adalah penderita Osteoporosis yaitu keadaan kemerosotan kepadatan normal tulang yang menyebabkan tulang menjadi rapuh. Kelainan ini membuat kondisi tubuh Tomi sangat lunglai.

Meskipun begitu, semangat hidupnya tak pernah padam. Keinginan untuk bermain dan mempelajari hal-hal baru terus ditunjukkannya. Ia selalu antusias mengikuti Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di sebuah sekolah kecil yang berjarak 100 meter dari tempat tinggalnya. Tiap pagi, ia meminta ibunya untuk memandikan dan kemudian mengantarkan ke sekolah. Mata pelajaran kesukaannya adalah menggambar. Ia punya cukup banyak koleksi buku gambar di rumah.

Meski harus menjalani hari-hari dengan dipapah ibu atau anggota keluarga lainnya, Tomi selalu berusaha menjadi seorang anak yang membanggakan. Tidak hanya itu, di antara siswa lain di sekolahnya, ia dikenal sebagai teman yang menyenangkan, periang dan selalu tersenyum. Tomi seolah tidak ingin menunjukkan bahwa dia adalah anak yang sakit dan tak mampu berbuat apa-apa. Ia menikmati masa kanak-kanak tanpa memedulikan risiko fatal yang dapat datang setiap saat.


Jefri Tarigan

Jefri Tarigan bekerja sebagai pewarta foto dari tahun 2006. Mengawali karir di Majalah Budaya, selanjutnya pindah ke SCTV divisi Liputan6.com sebagai editor gambar dan grafis.
Keluar dari Liputan6.com pada tahun 2010 dan menjadi pewarta foto independen untuk beberapa media cetak hingga kini. Selain di media lokal, ia juga kontributor foto di beberapa kantor berita asing, dan news photo agency.