My Life, My Choice

Immanuel Antonius (Liputan6.com, Jakarta)

Mak Rini adalah seorang drag queen asal Jombang, Jawa Timur, Indonesia. Seminggu sekali ia tampil sebagai drag queen. Usianya kini 65 tahun. Mimpinya sejak kecil untuk bebas berekspresi dengan riasan make up berhasil didapatkannya ketika meninggalkan tanah kelahiran 25 tahun silam. Kini, pria bernama asli Basori itu menetap di Amsterdam, Belanda. Negara yang melegalkan LGBT untuk mendapatkan hak yang sama dengan penduduk lainnya.

Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, Mak Rini bekerja sebagai juru masak dengan gaji 1.600 euro perbulan. Jumlah tersebut juga cukup digunakan Mak Rini untuk membeli perlengkapan drag queen, ditabung, juga sesekali untuk dikirim ke sanak saudaranya yang tinggal di Indonesia.

Meski sebatang kara, namun Mak Rini mengaku sangat menikmati kehidupannya di sana. Ia ingin menghabiskan masa tuanya dengan menjadi drag queen untuk menghibur pengunjung kafe. Bagi Mak Rini, draq queen bukan sekadar riasan make up atau kostum yang meriah. Drag queen adalah jati diri. Draq queen adalah pilihan hidup.


Immanuel Antonius

Anton lahir pada 1989 di Jakarta. Ia mulai menekuni fotografi sejak bergabung dengan Galeri Foto Jurnalistik Antara angkatan keenam belas. Ia pernah bekerja sebagai stringer untuk Harian Umum Media Indonesia selama 2011-2015. Pada akhir 2015 ia memutuskan bergabung dengan liputan6.com hingga saat ini. Anton pernah dua kali menerima penghargaan Anugerah Pewarta Foto Indonesia (2014 dan 2016) serta menjadi pemenang Anugerah Jurnalistik M.H. Thamrin (2015).