?????????

Terinspirasi pengalaman mengikuti Training of Trainers (ToT) yang diselenggarakan World Press Photo tahun 2006, PannaFoto Institute mendesain workshop ToT bagi mereka yang berkarya dalam pendidikan fotografi di Indonesia sebagai pengajar, dan berniat untuk mengembangkan kemampuan dalam mengajar fotografi.

Pelatihan intensif memberikan kesempatan sesama pengajar fotografi untuk saling belajar dan bertukar pengalaman praktik-praktik pengajaran fotografi di berbagai wilayah di Indonesia.

Berlangsung selama 3 hari, pada 12-14 Maret 2019 di PermataBank, World Trade Center (WTC) 2, Jl. Jend. Sudirman Kav. 29-31, Jakarta Selatan 12920, kegiatan ini merupakan rangkaian program Permata PhotoJournalist Grant (PPG) 2018–Erasmus Huis Fellowship to Amsterdam 2019, program pertama di Indonesia yang didedikasikan bagi pengembangan pewarta foto muda Indonesia dipersembahkan oleh PermataBank dan Erasmus Huis, bermitra dengan PannaFoto Institute.

Kami mengucapkan terima kasih atas antusiasme rekan-rekan untuk mengikuti workshop ini. Hingga batas akhir pendaftaran pada hari Senin, 18 Februari 2019 kami menerima 39 aplikasi.

Kami melakukan proses seleksi dengan mempertimbangkan hal-hal berikut:

  • Ketepatan batas waktu (deadline) pengiriman aplikasi.
  • Portfolio.
  • Pengalaman melakukan kegiatan pendidikan fotografi.
  • Motivasi dan komitmen untuk mengikuti program, termasuk menjelaskan secara konkret apa yang sudah dilakukan dan akan dilakukan setelah workshop.
  • Keragaman peserta, antara lain pewarta foto dan fotografer perempuan, pengajaran di institusi formal dan non formal atau komunitas, peserta dari dan luar Jabodetabek.

Sepuluh (10) peserta workshop Training of Trainers tahun ini adalah sebagai berikut:

  1. ADHI KUSUMO – Fotografer Lepas, Kepala Sekolah Kelas Pagi Kediri, Kediri
  2. ADRIANUS MULYA – Fotografer Lepas, Mentor di Sanggar Anak Akar, Sanggar Harapan, dan Komunitas Utan Kayu, Jakarta
  3. BARI PARAMARTA ISLAM – Fotografer Lepas, Pengajar Ekstrakurikuler Fotografi di SMP Kalyca Montessori School (SMP Bopkri 2 YK) dan SMP Kinderstation, Yogyakarta
  4. DIAN APRILIANINGRUM – Pewarta Foto Suara Merdeka, Pengajar di Komunitas Logawa, Purwokerto
  5. GRANDYOS ZAFNA MANASE MESAH – Pewarta Foto Detik.com, Ketua Pewarta Foto Indonesia Jakarta (PFIJ), Jakarta
  6. LONY WENYI RADJA HABA – Pengajar di Sekolah Musa dan Fotografer Dokumenter, Kupang
  7. MUKSALMINA – Editor Foto unsyiah.ac.id, Mentor di UKM Pers SumberPost (Universitas Islam Negeri Ar-Raniry) dan Timang (Universitas Teuku Umar), Banda Aceh
  8. NYOMAN VIDHYASURI UTAMI – Dosen di Universitas Trisakti dan Lasalle College, Penulis, Jakarta
  9. SYAMSUDIN ILYAS – Pewarta Foto Lepas, Pendiri dan Pengajar Kelas Jurnalis Cilik, Jakarta
  10. VICTOR FIDELIS SENTOSA – Fotografer Lepas, Pengajar Fotografi Program Panda CLICK!, Pontianak

Selamat kepada 10 peserta terpilih! Mohon maaf jika tidak semua yang mendaftar dapat mengikuti workshop ini disebabkan kapasitas yang tersedia hanya untuk 10 peserta. Apresiasi dan ucapan terima kasih kami sampaikan kepada Rekan-rekan yang telah mengirimkan aplikasi, berpartisipasi, dan mendukung program ini.

Semoga program ini dapat terus bergulir secara berkesinambungan dan turut berkontribusi dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan fotografi di Indonesia. Tetap semangat, berkarya, dan bekerja!

Salah satu wujud komitmen dalam memajukan dunia pendidikan Tanah Air adalah penyelenggaraan Permata PhotoJournalist Grant (PPG), program pertama PermataBank yang didedikasikan untuk mengembangkan ilmu dan talenta pewarta foto Indonesia. Dalam tugas keseharian, mereka membuat karya visual dan mewartakan kepada publik tentang apa yang sedang terjadi di dunia ini. PPG diharapkan dapat menjadi wadah belajar agar mereka mampu mempersembahkan karya terbaik bagi masyarakat.

Presented by
Partners

Privacy Preference Center