150123_Panel Presentasi_PPG

150123_Panel Presentasi_PPG

Setelah hampir dua bulan mengikuti kelas PPG, akhirnya kesepuluh peserta Permata Photojournalist Grant untuk pertama kalinya memaparkan projek photo story yang mereka kerjakan. Dalam sesi Panel Presentation yang diadakan pada hari Jumat (23/1) di The Twenty 8, Senopati, Jakarta Selatan, satu-persatu memaparkan projeknya di hadapan Tim Panelis.

Tim Panelis yang terdiri dari Leila Djafaar (EVP-Head Corporate Affairs Permata Bank), Catrini Pratihari (Ketua I Badan PelestarianPusaka Indonesia), dan Oscar Motuloh (Kurator Galeri Foto Jurnalistik Antara) banyak memberikan masukan, kritik, serta saran dari hasil pemaparan para peserta; mulai dari urutan foto, pentingnya konsistensi, pendekatan fotografi yang digunakan, hingga pemilihan konsep dan subjek terkait dengan tema PPG 2014 yakni Indonesian Heritage.

“Beberapa peserta ada yang masih terjebak dengan ide yang repetitive terkait tema Heritage, tapi ada juga peserta yang tampaknya berani keluar dari pakem dan membuat story yang out of the box dan cukup berhasil mendefinisikan heritage dari sudut pandang yang berbeda,” ujar Leila setelah melihat presentasi ke-10 peserta.

Menurut Catrini Pratihari, pemilihan tema Indonesian Heritage dirasa sangat menarik mengingat saat ini penting bagi masyarakat Indonesia untuk memahami dan memaknai lebih dalam pentingnya mempertahankan warisan budaya Indonesia. Tentunya melalui grant ini, ia berharap semangat untuk mempertahankan warisan budaya Indonesia bias tersampaikan melalui karya-karya visual para 10 fotojurnalis peserta PPG.

Selain pentingnya memahami lebih dalam akan pemaknaan Indonesian Heritage, dari sisi foto jurnalistik, Oscar Motuloh, kurator yang juga berprofesi sebagai fotojurnalis ini juga menyampaikan bahwa seorang fotojurnalis ketika membuat sebuah karya tentunya juga harus tahu apa konsekuensi dan tanggung-jawab yang diembannya sebagai seorang pewarta.

“Workshop dan grant PPG ini adalah tempat belajar dan melakukan kesalahan untuk dapat melahirkan karya yang terbaik, namun yang terpenting adalah adanya kejujuran dalam sebuah pembentukan karya,” pesan Oscar kepada para peserta.

Selain kehadiran Tim Panelis, turut hadir para mentor PPG seperti EdyPurnomo, Beawiharta (Reuters) sebagai mentor tamu, para perwakilan dari PermataBank dan Erasmus Huis, tamu undangan, serta para alumni PPG. (Teks: AWS / Foto: Fakhri)

Privacy Preference Center