“Wartawan foto sama pentingnya seperti wartawan tulis, sementara pendidikan foto secara formal bisa dibilang hampir tidak ada,” ungkap Leila Djafaar, Executive Vice President-Head Corporate Affairs PermataBank di acara Pembukaan Permata Photojournalist Grant (PPG) 2013 – Erasmus Huis Fellowship To Amsterdam pada hari Selasa, 8 Oktober 2013 di gedung PermataBank WTC 2, Jakarta.

 

Lebih lanjut, Leila mengungkapkan bahwa program PPG ini merupakan wujud komitmen PermataBank untuk mengembangkan dan meningkatkan pendidikan dan kualitas para Pewarta Foto di Indonesia yang juga sejalan dengan program CSR PermataBank.

 

Adapun kejutan luar biasa dari PPG tahun ini adalah adanya program Erasmus Huis Fellowship to Amsterdam. Program tersebut merupakan wujud komitmen dari Erasmus Huis dan Kedutaan Besar Kerajaan Belanda di Indonesia sebagai salah satu partner Permata Photojournalist Grant untuk terus mengembangkan program ini. Melalui  fellowship tersebut akan dipilih satu orang peserta dari para alumni PPG I – III untuk magang di NOOR Photo Agency di Amsterdam sekaligus menghadiri acara World Press Photo Award tahun 2014.

 

Permata Photojournalist Grant merupakan satu-satunya program pendidikan yang bersifat grant dan ditujukan bagi pengembangkan kualitas & wawasan Pewarta Foto di Indonesia dimana setiap tahunnya hanya akan dipilih 10 peserta untuk mengikuti program ini.  Adapun sejak pertama kali diluncurkan tahun 2011, antuasiasme para peserta untuk mengikuti program Permata Photojournalist Grant meningkat cukup pesat hingga 132%. Pada tahun 2011 tercatat hanya 19 pendaftar dan tahun ini jumlah pendaftar melonjak hingga 44 pendaftar.

 

TEMA, PROGRAM, DAN REKAN BARU

 

Ada banyak hal baru dari program Permata Photojournalis Grant tahun ini. Salah satunya jika PPG tahun-tahun sebelumnya mengangkat tema “PENDIDIKAN”, maka di tahun ini PPG III mengusung tema “PEMBERDAYAAN”.

 

Selain masih tetap dibimbing oleh para mentor tetap dari PannaFoto Institute yang telah mendapatkan sertifikasi dari World Press Photo seperti Edy Purnomo dan Ahmad ‘Deny’ Salman serta pewarta foto dari Indonesia yang berpengalaman, para peserta PPG III juga akan dibimbing langsung oleh fotografer internasional seperti Sasa Kralj dari Kroasia dan Kadir Van Lohuizen, Co-founder NOOR Photo Agency & Supervisory Board di World Press Photo yang juga pernah menang penghargaan World Press Photo.

 

Dalam acara pembukaan yang dihadiri oleh Bob Wardhana selaku perwakilan dari Erasmus Huis, Buyung Soeseno dari SUBUR Printing, Sinartus Sosrodjojo selaku Advisor of PannaFoto Institute, para tamu undangan, para peserta, alumni PPG I-II, dan pewarta foto, PPG tahun ini juga menyambut mitra baru yakni SUBUR Printing dan Surya Palace Jaya.

 

Untuk para peserta PPG III, selamat berkarya dan bagi mitra baru, selamat bergabung dalam keluarga besar Permata Photojournalist Grant! (AWS/foto:RW)