Temu Alumni 2_1
Temu Alumni 2_2

Jakarta, 20 Februari 2018. Alumni Gathering kembali diselenggarakan sebagai rangkaian Permata PhotoJournalist Grant 2017 setelah sebelumnya diselenggarakan pada November 2017.

Kali ini, kami mengundang Okky Ardya (Contributing Writer/PannaFoto), Rakhmawaty La’lang (Fotographer/Alumni PPG 2015), dan Rosa Panggabean (Fotografer/Alumni PPG 2011) untuk memberikan presentasi photo story yang tengah mereka kerjakan. Rakhmawaty La’lang memberikan presentasi pembuka dengan karya yang mengangkat isu sunat bagi perempuan yang masih banyak dipraktikkan di Indonesia terutama di Sulawesi, daerah asal Rahma.

Presentasi dilanjutkan oleh Okky Ardya, dengan karya berjudul The Dorm. Melalui The Dorm, Okky menyoroti interaksi para tamu baik dengan ruang maupun dengan tamu-tamu lainnya. Foto-foto diambil di Singapura, Malaysia, dan Bali dimana Okky bertemu orang dari dengan berbagai kewarganegaraan dan berbagai tujuan; sekedar melancong, mencari pekerjaan, meditasi, hingga tinggal dan bekerja secara ilegal.

Presentasi terakhir diberikan oleh Rosa Panggabean. Berkisar dalam isu identitas, kali ini Ocha -begitu ia biasa disapa- bercerita tentang propaganda kejahatan PKI yang dilakukan rezim Orde Baru melalui monumen dan museum di Jakarta. Rosa menyatakan proyek ini masih akan berlanjut ke berbagai monumen dan museum di Indonesia.

Di akhir kegiatan, diinformasikan Pameran PPG 2017 yang bertema Change – PPG 2017 dibuka pada 23 Maret 2018 di Erasmus Huis. Serta program Training of Trainers yang akan dilaksanakan pada 18-20 April 2018 di Erasmus, pendaftarannya sendiri akan segera dibuka. (Lisna/Foto: Agoes Rudianto)