PermataBank percaya bahwa pendidikan adalah salah satu faktor krusial untuk membuat perbedaan dan perubahan yang lebih baik dalam masyarakat. Salah satu wujud komitmen dalam memajukan dunia pendidikan Tanah Air adalah penyelenggaraan Permata PhotoJournalist Grant (PPG), program pertama PermataBank yang didedikasikan untuk mengembangkan ilmu dan talenta pewarta foto Indonesia. Dalam tugas keseharian, mereka membuat karya visual dan mewartakan kepada publik tentang apa yang sedang terjadi di dunia ini. PPG diharapkan dapat menjadi wadah belajar agar mereka mampu mempersembahkan karya terbaik bagi masyarakat.

PermataBank berkomitmen menyelenggarakan Permata Photojournalist Grant 2021 di tengah pandemi Covid-19. Kami percaya semangat pewarta foto di Indonesia untuk mengembangkan diri dan kemampuan bertutur secara visual meski di tengah kondisi yang sulit.

Merespons situasi dan kondisi saat ini, Permata Photojournalist Grant (PPG) mengangkat tema “Courage”. Pewarta foto yang bekerja penuh pada suatu media dan pewarta foto lepas terpilih mendapatkan pelatihan (workshop) fotografi dan hibah (grant) untuk menyelesaikan proyek foto bertutur (photo story).

Pewarta foto dan pewarta foto lepas terpilih akan mendapatkan grant dan pelatihan dengan materi utama photo story dan materi-materi pendukung. Mentor-mentor PannaFoto Institute, Edy Purnomo, Rosa Panggabean, Yoppy Pieter, Sasa Kralj (Kroasia), dan mentor-mentor tamu akan memfasilitasi penerima PPG 2021 menemukan dan mengembangkan gagasan cerita menjadi satu foto cerita (photo story). Kelas-kelas daring akan berlangsung dalam periode 15 Februari-12 April 2022.

PPG 2021

Peserta

Mentor

Rosa Panggabean

Penerima Erasmus Huis Fellowship to Amsterdam 2014

Yoppy Pieter

Penerima Erasmus Huis Fellowship to Amsterdam 2015