Kelas Rosa

Pada pertemuan pertama kelas Permata Photojournalist Grant, kita sudah berkenalan dengan kesepuluh penerima grant di program ini. Selain itu, peserta bersama dengan para mentor: Edy Purnomo, Rosa Panggabean, dan Yoppy Pieter telah mendiskusikan dan mempertajam proposal masing-masing peserta.

Dalam pertemuan kedua yang berlangsung pada Jumat, 11 Desember 2020 secara daring, mentor Rosa Panggabean (Fotografer dan Alumni PPG 2011) memberikan pembekalan pengetahuan berupa materi tentang ragam narasi visual (cara bertutur). Melalui sesi ini, peserta mengenal dan mendapatkan berbagai referensi visual yang memperlihatkan ragam narasi visual karya-karya fotografer Indonesia maupun dunia. Rosa menegaskan saat ini kebutuhan produksi visual berkembang, hal ini juga yang mempengaruhi narasi visual yang menjadi lebih variatif. Selain itu, Rosa juga mengingatkan para peserta untuk mempertimbangkan output karya¬†masing-masing dan dimana akan mempublikasikan output tersebut, “di dalam program PPG, karya teman-teman akan dipresentasikan dalam format pameran dan buku tapi tentunya peserta juga harus mempertimbangkan publikasi lainnya. Bagi teman-teman yang bekerja di media, coba perhatikan apakah ada rubrik untuk fotografi atau photo story di media masing-masing? Dan seperti apa ketentuannya.”

Pelatihan fotografi ini merupakan rangkaian program Permata Photojournalist Grant (PPG) 2020 persembahan PermataBank, bekerja sama dengan PannaFoto Institute yang diikuti oleh 10 pewarta foto dan pewarta foto lepas yang dipilih berdasarkan seleksi portfolio dan proposal. Hasil karya kesepuluh peserta akan dipresentasikan dalam bentuk pameran di akhir program PPG 2020. // (LDA)