ToT 2020_10 Peserta_Rev

Terinspirasi pengalaman mengikuti Training of Trainers (ToT) yang diselenggarakan World Press Photo tahun 2006, PannaFoto Institute mendesain workshop ToT bagi mereka yang berkarya dalam pendidikan fotografi di Indonesia sebagai pengajar, dan berniat untuk mengembangkan kemampuan dalam mengajar fotografi. Pelatihan intensif ini memberikan kesempatan sesama pengajar fotografi untuk saling belajar dan bertukar pengalaman praktik-praktik pengajaran fotografi di berbagai wilayah di Indonesia.

Penyelenggaraan ToT 2020 kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yang penyelenggaraannya berlangsung secara tatap muka. Melihat kondisi pandemi COVID-19 dan demi menjaga kesehatan & keselamatan bersama, pelatihan akan dilakukan secara daring Melalui Zoom Meeting. Untuk mencapai proses belajar yang optimal, pelatihan akan dilaksanakan dalam 5 (lima) hari pertemuan pada tanggal 4, 5, 11, 18, dan 25 November 2020, pukul 10:00-17:00 WIB.

Training of Trainers 2020 merupakan rangkaian program Permata Photojournalist Grant 2019-Erasmus Huis Fellowship to Amsterdam 2020, dipersembahkan oleh PermataBank dan Erasmus Huis, bermitra dengan PannaFoto Institute.

Kami mengucapkan terima kasih atas antusiasme rekan-rekan untuk mengikuti workshop ini. Hingga batas akhir pendaftaran pada hari Selasa, 27 Oktober 2020 kami menerima 27 aplikasi.

Kami melakukan proses seleksi dengan mempertimbangkan hal-hal berikut:

  • Portofolio.
  • Pengalaman melakukan kegiatan pendidikan fotografi.
  • Motivasi dan komitmen untuk mengikuti program, termasuk menjelaskan secara konkret apa yang sudah dilakukan dan akan dilakukan setelah workshop.
  • Keragaman peserta, antara lain pewarta foto dan fotografer perempuan, pengajaran di institusi formal dan non formal atau komunitas, peserta dari luar Jabodetabek.
  • Ketepatan waktu (deadline) pengiriman aplikasi.

Sepuluh (10) peserta workshop Training of Trainers tahun ini adalah sebagai berikut:

  1. DANYSSWARA – Seniman & Asisten Pengajar, Yogyakarta
  2. DICKY PH. BISINGLASI – Freelance Visual Journalist, Bali
  3. MAVIRA IDEALITA ISMANTO – Dosen Universitas Dinamika, Surabaya
  4. MOHAMMAD SOLIHIN – Dosen Universitas Respati, Yogyakarta
  5. MUHAMMAD ADIMAJA – Pewarta Foto LKBN ANTARA, Cibinong
  6. MUHAMMAD HIDAYAT – Editor Foto Media Kanal Inspirasi, Fotografer Freelance, Mentor/Pengajar Fotografi, Banda Aceh
  7. MUHAMMAD IKBAL FANIKA – Pengajar UIN Ar Raniry, Banda Aceh
  8. MUHAMMAD IKHSAN – Freelance Photographer, Bengkulu
  9. RIDHWAN ERMALAMORA SIREGAR – Fotografer, produser video dokumenter, jurnalis lepas, dan pengajar fotografi, Jakarta
  10. RULI AMRULLAH – Dosen Honorer/Pengajar UIN Raden Fatah Palembang

Selamat kepada 10 peserta terpilih! Mohon maaf jika tidak semua yang mendaftar dapat mengikuti workshop ini disebabkan kapasitas yang tersedia hanya untuk 10 peserta. Apresiasi dan ucapan terima kasih kami sampaikan kepada Rekan-rekan yang telah mengirimkan aplikasi, berpartisipasi, dan mendukung program ini.