Ibu Yolande Melsert memberikan opening remark
Pembukaan Pameran PPG (04)
Pembukaan Pameran PPG (03)
Pembukaan Pameran PPG (01)

Kamis, 5 Maret 2020, malam pembukaan Pameran Foto INNOVATION yang menampilkan karya 10 pewarta foto penerima Permata Photojournalist Grant (PPG) 2019 menjadi malam yang penuh perayaan; kelulusan 10 peserta PPG 2019, pengumuman dua karya terbaik PPG 2019, dan pengumuman penerima Erasmus Huis Fellowship to Amsterdam 2020. Opening ceremony mengawali malam dengan sambutan dari Ibu Yolande Melsert (Director Erasmus Huis) dan Ibu Richele Maramis (Senior Vice President, Head Corporate Affairs PermataBank).

Ibu Yolande Melsert dan Ibu Richele Maramis menyerahkan token kelulusan berupa poster Pameran Foto INNOVATION yang dimodifikasi dengan menggunakan foto masing-masing pewarta foto sebagai simbol kelulusan kesepuluh pewarta foto dari program PPG 2019. Kemudian Bapak Wilson Gunawan (Managing Director Leica Store Jakarta) menempati podium dan mengumumkan bahwa Iqbal Lubis (Pewarta Foto Lepas, Makassar) terpilih menjadi penerima Karya Terbaik PPG 2019 dengan karya bertajuk “Rambo” di Teluk Jakarta dan Riska Munawarah (Pewarta Foto Lepas, Banda Aceh) menjadi Runner-Up PPG 2019 dengan karya bertajuk Land of My Land. Atas pencapaiannya, kedua pewarta foto lepas ini menerima kamera Leica persembahan Leica Store Jakarta.

Selanjutnya, Ibu Yolande Melsert kembali menempati podium dan membacakan dua nominasi penerima Erasmus Huis Fellowship to Amsterdam 2020, yakni Albertus Vembrianto (Pewarta Foto Lepas, Timika) dan Hendra Eka (Pewarta Foto Jawa Pos, Jakarta), sekaligus mengumumkan Erasmus Huis Fellowship to Amsterda 2020 diberikan kepada Hendra Eka. Seleksi penerima Erasmus Huis Fellowship to Amsterdam ini dilakukan oleh Kadir van Lohuizen (NOOR Images) yang juga akan menjadi mentor bagi penerima Fellowship selama kunjungannya ke Amsterdam dibulan April mendatang.

Opening Ceremony ditutup dengan penandatangan poster pameran oleh seluruh mitra program yang sekaligus menandakan Pameran Foto INNOVATION yang berlangsung di Erasmus Huis hingga 5 April 2020 ini resmi dibuka. Siaran pers pameran ini dapat diunduh di sini.

Pembukaan Pameran PPG (10)
Pembukaan Pameran PPG (13)
Pembukaan Pameran PPG (11)
Pembukaan Pameran PPG (09)
Pembukaan Pameran PPG (12)

(Lisna Dwi Astuti / Foto: Agoes Rudianto – Pewarta Foto Lepas)