PPG2019_Class4_Collage - low

Ramdani, pewarta foto Media Indonesia dan alumni Permata Photojournalist Grant (PPG) tahun 2013, membuka pertemuan keempat Pelatihan Fotografi dari rangkaian program Permata Photojournalist Grant 2019 – Erasmus Huis Fellowship to Amsterdam 2020 dengan mempresentasikan puluhan photo story yang telah ia buat sejak mengikuti program PPG 2013 hingga hari ini, yang sudah pernah dipublikasikan di media tempat ia bekerja, dengan berbagai kisah dari kisah tentang tenaga kerja Indonesia di luar negeri, budaya pulang kampung dengan motor, hingga revolusi transportasi kereta dalam kota dari tahun ke tahun.

Setelah presentasi dari Ramdani, sesi selanjutnya adalah Editing 1. Pertemuan yang berlangsung di PermataBank, WTC 2 Sudirman pada 20 Desember 2019 ini memberikan ketegangan tersendiri bagi kesepuluh peserta karena mereka diharuskan membawa foto tercetak sebanyak 45 frame yang kemudian akan dipilih lima belas foto yang dapat digunakan untuk membangun cerita mereka. Setiap peserta diminta untuk menyusun seluruh foto yang mereka bawa di atas meja dan kemudian memilih 12-15 foto yang menurut mereka menarik dan dapat digunakan dalam photo story yang tengah mereka kerjakan. Kemudian para mentor: Edy Purnomo, Rosa Panggabean, dan Yoppy Pieter, serta observer Ramdani secara bergantian menghampiri masing-masing peserta untuk mendiskusikan frame yang mereka pilih.

Mereka mengakui 45 angka yang besar dan selama memotret mereka lebih banyak fokus untuk memenuhi kuota tersebut hingga lupa menikmati proses memotret dan bertemu narasumber, maupun pada cerita yang ingin mereka ceritakan melalui proyek foto mereka ini. Di akhir pertemuan keempat ini, para mentor kembali mengingatkan peserta untuk juga bersenang-senang selama mengerjakan proyek foto mereka. “Jika kalian mengerjakannya dengan senang, saya percaya gambar akan mengikuti, akan ada saja visual yang kalian temui di lapangan,” ujar Edy Purnomo.

Pertemuan keempat ini menutup sesi di tahun 2019, kelas selanjutnya akan berlangsung pada tanggal 7 Januari 2020. Dalam dua minggu ke depan peserta akan memanfaatkan waktu untuk melanjutkan cerita mereka; memotret, wawancara narasumber, termasuk melihat kembali mind map dan mempertajamnya bila dirasa perlu.

Segenap tim Permata Photojournalist Grant 2019 – Erasmus Huis Fellowship to Amsterdam 2020 mengucapkan Selamat Tahun Baru 2020!

(Lisna Dwi Astuti / Foto: Aprillio Abdullah Akbar (Antara Foto/Alumni PPG 2018)