PPG2019_Class3_Collage - low

Developing Photo Story: Ideas into Photo Story menjadi bahasan utama dalam pertemuan ketiga pelatihan fotografi Permata Photojournalist Grant 2019 dan disampaikan oleh Yoppy Pieter. Salah satu materi yang masuk dalam sesi ini adalah metode mind mapping.

Mind mapping, dipopulerkan oleh Tony Buzan (Psikolog, Penulis, dan Bintang Televisi ternama di Inggris), secara harfiah berarti memetakan pikiran, salah satu metode yang diterapkan dalam pelatihan fotografi program Permata Photojournalist Grant 2019. Mind map untuk merancang dan mengembangkan photo story bermanfaat sebagai alat ukur dalam memahami konten dan sebagai metode untuk mencatat ide maupun gagasan/pikiran. Melalui pembuatan mind mapping ini akan terlihat seberapa dalam peserta memahami topik yang akan mereka angkat dalam photo story mereka. Selanjutnya, dengan berdiskusi dengan mentor mereka akan dapat mengetahui bagian mana dari seluruh peta yang harus mereka pertajam dan angkat dalam pembuatan photo story mereka.

Sesi III pelatihan fotografi ini berlangsung pada 17 Desember 2019 di Gedung PermataBank, WTC 2, Lantai 21 dan merupakan rangkaian program Permata PhotoJournalist Grant 2019 – Erasmus Huis Fellowship to Amsterdam 2020. Pelatihan fotografi terdiri dari 12 sesi kelas dan 3 hari workshop intensif yang akan berlangsung hingga 12 Februari 2020.

Lisna Dwi Astuti / Foto: Agoes Rudianto