WhatsApp Image 2019-12-16 at 08.41.25

Jakarta, 13 Desember 2019, sesi kedua pelatihan fotografi program Permata Photojournalist Grant 2019. Tim mentor yang terdiri dari Edy Purnomo, Rosa Panggabean, dan Yoppy Pieter mengawali pertemuan ini dengan mendengarkan update dari masing-masing peserta atas penajaman proposal sekaligus finalisasi proposal siapa saja yang sudah bisa mulai dieksekusi. Sebelumnya tim mentor menantang kesepuluh peserta untuk memperbaiki proposal mereka maupun membuat proposal alternatif, yang kemudian dibedah dalam pertemuan pertama pada 10 Desember lalu.

Pertemuan kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi Introduction Photo Story oleh Rosa Panggabean. Rosa memaparkan ragam cara bertutur yang dapat digunakan para peserta untuk menyampaikan kisahnya yang bertema Inovasi. Ia juga memperlihatkan berbagai contoh photo story baik karya pribadinya, karya alumni program Permata Photojournalist Grant, hingga karya fotografer internasional. Sesi ini selain memberikan pengetahuan mengenai apa itu photo story tapi juga memberikan beragam referensi visual yang diharapkan dapat memperkaya bahasa visual para peserta.

Sesi kedua ini diakhiri ini dengan penugasan riset dan memotret. Pada pertemuan berikutnya, mind mapping akan menjadi materi utama dan foto-foto yang akan mereka ambil ini dapat membantu dalam penyusunan mind map tersebut.

Lisna Dwi Astuti / Foto: Agoes Rudianto