PPG 2018 Kelas Jenny

Jenny Smets, kurator independen sekaligus Director of Photography majalah Vrij Nederland yang diterbitkan secara bulanan di Belanda. Sebagai Director of Photography Jenny bekerja dengan banyak fotografer, tidak hanya fotografer Belanda tetapi juga fotografer internasional, yang menginginkan photo story mereka diterbitkan dalam majalah Vrij Nederland.

Selama tiga hari pada 11-13 Februari 2019 10 peserta Permata PhotoJournalist Grant (PPG) 2018 mendapatkan kesempatan untuk mengikuti kelas Jenny Smets yang berlangsung di Erasmus Huis, Jakarta Selatan. Dalam tiga hari kelas intensif ini peserta mempelajari bagaimana melakukan pitching baik secara langsung di hadapan Jenny maupun melalui tulisan. Di samping itu, bersama Jenny, Edy Purnomo, Rosa Panggabean, dan Yoppy Pieter, semua peserta menyusun edit final yang terdiri dari 12 foto, edit ini yang nantinya akan dipresentasikan oleh masing-masing peserta dalam bentuk pameran dan diskusi karya.

Di akhir sesi, yakni pada hari Rabu, 13 Februari 2019 peserta melakukan presentasi karya final di hadapan mentor, sesama peserta, mitra, dan alumni PPG yang pada hari itu diundang untuk menyaksikan presentasi final tersebut.

Pameran Foto PPG 2018: Diversity akan berlangsung pada bulan Maret 2019 di Erasmus Huis.

(Lisna Dwi Astuti / Foto: Agoes Rudianto)