Panitia PPG 2012 mengucapkan terima kasih atas antusiasme dan keseriusan teman-teman dalam mengirimkan aplikasi Permata Photojournalist Grant (PPG) 2012, program pertama di Indonesia yang didedikasikan bagi pengembangan pewarta foto muda Indonesia hasil kerjasama antara Permata Bank dan Erasmus Huis dari tanggal 28 September – 23 November 2012.

Hingga batas akhir pendaftaran pada hari Jum’at, 14 September 2012 pukul 15.00 WIB, Panitia telah menerima 33 aplikasi yang memenuhi ketentuan dan kriteria program. Proses pemilihan dilakukan tanpa mengetahui nama Pewarta Foto didalam folder-folder yang juga anomim. Aplikasi dipilih  dengan mempertimbangkan :

  • Portfolio
  • Proposal
  • Motivasi dan komitmen untuk mengikuti program
  •  Mendukung pengembangan dan kemajuan para pewarta foto dan fotografer perempuan

Tahun ini, Komite Seleksi yang mendapat tantangan dalam menentukan pilihan atas portoflio-portfolio yang masuk mengingat kekuatan dalam mengusung tema-tema sosialnya di Indonesia terdiri atas:

  • Edy Purnomo (PannaFoto Institute)
  • Hariyanto (Media Indonesia)
  • John Stanmeyer (VII Photo Agency)

“Seleksi tahun ini lebih sulit dari tahun lalu. Selain secara kuantitas jumlahnya mengalami peningkatan, dari sisi kualitas portolio yang masuk sangat kompetitif,” ujar Edy di sela-sela proses seleksi.

Hal yang sama dituturkan oleh John Stanmeyer dalam laman Facebook-nya, ”Just finished my review/selection of 10 folios. Incredibly difficult to decide what essay of asocial issue is powerful or important when ALL social issues are important and powerful”.

Sementara itu Hariyanto menegaskan, “Tidak cukup, kalau hanya foto bagus. Setiap hari saya melihat hampir 3000 foto yang bagus-bagus (supply dari beberapa kantor berita dimana Media Indonesia berlangganan-red). Sudah imun terhadap foto bagus. Perlu sesuatu yang lebih dari sekedar foto bagus. Ceritanya, cara bercerita, idenya”.

Dari aplikasi yang masuk, Komite Seleksi yang telah melakukan seleksi baik secara langsung maupun on line akhirnya memilih 10 Pewarta Foto sebagai peserta program PPG II 2012, yaitu:

  1. ARDILES AKYUWEN – Jurnal Nasional, Jakarta
  2. CLARA PRIMA – Agence France Presse (AFP), Yogyakarta
  3. DHARMA WIJAYANTO – Gatra, Jakarta
  4. DWIANTO WIBOWO – Tempo News Room, Jakarta
  5. FERNANDO RANDY – Viva News, Jakarta
  6. FRANSISKUS P. SIMBOLON – Kontan, Jakarta
  7. JEFRI TARIGAN – Freelance, Jakarta
  8. MUHAMMAD FADLI – Garuda Inflight magazine dan Jalan Jalan, Jakarta
  9. SUMARYANTO BRONTO – Media Indonesia, Jakarta
  10. TOTOK WIJAYANTO – Kompas, Jakarta

Selamat kepada para peserta yang terpilih! Apresiasi dan ucapan terima kasih kami sampaikan kepada teman-teman Pewarta Foto atas dukungan, partisipasi dan antusiasme dalam menyukseskan program ini. Semoga program ini dapat terus bergulir secara berkesinambungan dan makin meningkatkan kualitas Pewarta Foto di Indonesia. Tetap Semangat, Berkarya dan Bekerja!!!