PPG Sesi 13 EH Day 1-1
PPG Sesi 13 EH Day 1-2

Setelah 12 sesi kelas PPG berlangsung sejak 21 November 2017 hingga 16 Januari 2018 di gedung WTC II, rangkaian program bagi delapan peserta PPG 2017 masih berlangsung. Di awal tahun 2018 ini, para peserta berkesempatan untuk belajar dari seorang kurator independen sekaligus editor foto sebuah majalah di Belanda, Vrij Nederland, bernama Jenny Smets.

Workshop intensif ini berlangsung selama tiga hari, 22-24 Januari 2018 di Erasmus Huis. Workshop dibuka dengan pemberian materi tentang editing dan pitching oleh Jenny Smets. Kemudian, dilanjutkan dengan para peserta melakukan pitching di hadapan Jenny. Dalam latihan pitching ini, setiap peserta mendapatkan 3 menit kesempatan untuk “menjual” karya foto mereka untuk bisa dipublikasikan dalam sebuah majalah, dipamerkan, maupun diterbitkan dalam format buku – mereka dibebaskan untuk berimajinasi dalam hal ini. Setiap peserta mengaku gugup, meski akhirnya mereka melakukannya dengan cukup baik, menurut Jenny gugup itu sesuatu yang wajar, mengingat ini pengalaman pertama bagi mereka.

Workshop kemudian berlanjut ke sesi latihan edit. Berbekal foto-foto yang dihasilkan oleh para peserta selama 12 sesi kelas, Jenny membimbing mereka untuk merangkai foto-foto tersebut untuk dapat menyampaikan narasi di belakang masing-masing photo story. Diawali dengan peserta menyusun foto-foto di atas meja, kemudian Jenny mengajak mereka bermain-main dengan urutan foto. Seluruh peserta diajak untuk turut memberikan komentar dan masukkan atas edit satu sama lain, hal ini penting sehingga mereka dapat belajar dari satu sama lain, selain untuk melatih berpikir kritis dan berpendapat.

Dalam sesi editing ini, Jenny memberikan poin penting untuk diperhatikan saat melakukan edit:

“It is training in editing but it’s also training in thinking very thoroughly in why you choose certain photographs and how your story is going to communicate, and who is your audience.”

(ini merupakan pelatihan edit tetapi sekaligus pelatihan untuk berpikir secara menyeluruh; (1) kenapa kalian memilih foto-foto tersebut untuk ditampilkan sementara foto lainnya tidak, (2) bagaimana rangkaian foto ini akan dapat berkomunikasi dengan audiens, (3) siapa target audiens kalian)

Selain memberikan workshop intensif bagi para peserta PPG 2017, Jenny Smets juga akan memberikan Seminar Foto bertajuk “Dutch Heights” serta sebuah forum bersama editor foto dari berbagai media massa di Indonesia. Seluruh kegiatan ini merupakan rangkaian dari program Permata Photojournalist Grant 2017 – Erasmus Huis Fellowship to Amsterdam 2018, kerjasama antara PermataBank dan Erasmus Huis. (Teks: Lisna Atmadiardjo / Foto: Agoes Rudianto)