TOT 2016 TOT 2016

Workshop Training of Trainers (ToT) merupakan bagian dari rangkaian program Permata Photojournalist Grant (PPG) 2016 – Erasmus Huis Fellowship to Amsterdam 2017. Sebanyak 10 pengajar di bidang fotografi, terpilih untuk mengikuti Workshop ToT yang diadakan pada tanggal  7 – 9 Maret 2017 di Erasmus Huis, Jakarta.

Dengan fasilitator para mentor PPG dari PannaFoto Institute yakni Edy Purnomo dan Antonius Riva Setiawan yang telah mendapat pelatihan ToT dari World Press Photo. Selain itu, Seno Gumira Ajidarma juga datang sebagai mentor tamu. Para peserta workshop banyak mendapatkan materi seputar metode & teknik-teknik pengajaran. Antara lain; bagaimana menjadi seorang mentor/pengajar yang baik, mengenal karakter & tipe-tipe peserta didik (Learning Cycle), trik mengemas gaya mengajar yang bisa menarik perhatian peserta, pentingnya belajar berbasis aktivitas, dan yang paling penting adalah mampu membuat perencanaan dan memberikan pelatihan yang efisien dan efektif.

Selama tiga hari penuh, peserta tidak hanya berkutat seputar teori-teori dalam menyampaikan materi pengajaran. Di hari terakhir, setiap peserta melakukan presentasi layaknya seorang mentor yang memberikan materi seputar fotografi. Di sini mereka tak hanya mempraktekkan materi-materi Workshop ToT tapi juga saling memberikan masukan, kritik, saran dari mentor dan peserta lainnya. (Elisha/Foto: Fakhri)