151222_PPG SESI 9

 

Dalam memproduksi karya multimedia – entah berupa audio slideshow, video dokumenter, atau sekadar narasi interaktif, sound/audio bisa memperkuat dan memperkaya jalinan cerita atau malah sebaliknya. Dengan persiapan dan pemahaman yang matang, menggabungkan elemen-elemen visual dan beberapa elemen interaktif dengan memanfaatkan medium audio justru bisa dimanfaatkan untuk membangun story.

“Walaupun tidak bermain gambar, mendengarkan audio atau suara-suara tertentu bisa memberikan efek kepada pendengar dan mengajak mereka berimajinasi,” kata Sri Lestari, jurnalis radio dari BBC Indonesia yang didaulat menjadi mentor tamu di Kelas PPG pada hari Selasa (22/12).

Tahun ini merupakan tahun pertama Kelas Permata Photojournalist Grant mengundang jurnalis radio untuk menjadi mentor tamu. Tujuannya tak lain untuk mengajak para peserta untuk memahami peran medium audio dalam membangun story, khususnya untuk pengerjaan karya-karya multimedia.

Menurut perempuan yang akrab disapa Mbak Eci ini, jika foto disandingkan dengan audio, tentunya hal tersebut bisa memperkuat karya visual terutama ditengah perkembangan media sosial yang sangat pesat dan media arus utama yang mengarah ke multimedia. Sepanjang pengamatannya, pengguna media sosial justru tertarik dengan multimedia, dan jika medium foto dan suara dapat disandingkan, hal tersebut akan lebih menarik perhatian mereka.

Selama 3 jam, mentor memaparkan tentang Jurnalisme Radio, bagaimana menulis untuk telinga, bagaimana cara bertutur dan menulis untuk media yang hanya bisa didengar melalui medium audio, serta beberapa tips terkait hal-hal teknis dalam merekam audio/sound maupun menyiapkan dan mengenali alat perekam yang kita miliki.

“Intinya, audio memberi bobot serta konteks pada gambar. Dan tentunya ini juga harus didukung dengan outline dan perencanaan yang matang sebelum ke lapangan,” tutur Sri Lestari di hadapan para peserta.

Perempuan yang telah berprofesi sebagai jurnalis radio selama 14 tahun ini, juga memberikan beberapa contoh multimedia produksi BBC Indonesia maupun BBC global. Diskusi dan saling berbagi ide maupun tips dalam penggarapan audio beberapa karya peserta mengakhiri Sesi Multimedia 2 di Kelas PPG. (OKKY / foto: Tyo)